Berbagi Amalan Pilihan: Doa Ismul A'zham

Doa Ismul A'zham

Di antara doa-doa yang terkenal ke ampuhanya adalah doa ini, karna mencakup semua dan menyebut kebesaran Allah Subhanahu Wata'ala..

Ismul A'zham bermakna "Nama-Nama Allah Yang Agung", sehingga apabila doa Ismul A'zham  di ucapkan atau di panjatkan kepada-Nya, maka kata Rasulullah:

"Apabila Dia di minta dengan doa tersebut, niscaya Dia memberi, dan apabila Dia di mohon dengan menyebut Nama tersebut maka, niscaya Dia mengabulkan doanya" Hr Abu Dawud 1493

Dan Rasulullah pun memberikan doa Ismul A'zham kepada kita semua sebagai kamu Muslimin yang di riwayatkan oleh Sa'ad bin Malik r.a. Rasulullah S.a.w. Bersabda yang maksudnya sebagai berikut:

"Maukah kalian aku tunjukan tentang Ismul A'zham yang apabila Dia di mohon dengan mmenyebut nama itu (dalam suatu doa) niscaya Dia mengabulkanya, dan apabila Dia di minta dengan menyebut nama itu, niscaya Dia memberinya "Ini adalah doa yang di baca oleh Nabi Yunus a.s. ketika ia menyeru Allah dalam tiga kegelapan (Kegelapan malam, kegelapan samudra, dan kegelapan perut ikan), yaitu":

لآَاِلٰها اِلّآَ اَنْتَ سُبْحَنَكَ اِنّىْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ.

(Laa Ilaha illa anta subkhanaka innii kuntu minnad dholimiin)

"Tiada yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim"

Seseorang bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah doa ini hanya untuk Nabi Yunus atau untuk semua orang beriman??", Rasulullah S.a.w. menjawab, "Tidaklah engkau mendengar Firman Allah Azza Wajalla:

وَنَجَيْنَاه مِنَ الْغَمِّ وَكَذٰلِكَ نُنْجِى اْلمُؤْمِنِيْنَ

(Wanajaynahu minnal ghommu wa kadlalika nunjiil mu'minina)

"Dan Kami selamatkan Yunus dari malapetakanya, da demikian pula Kami menyelamatkan orang-orang beriman"

Kemudian Rasulullah S.a.w. Bersabda lagi: "Siapapun seorang muslim yang berdoa dengan doa ini 40 kali selama ia sakit, lalu ia mati karena penyakitnya itu, niscaya di berikanya pahala satu mati syahid. dan jika ia sembuh, maka dia sembuh dalam keadaan semua dosanya di ampuni" (Hr Hakim I/506)

Subhanallah betapa besar fadilah kalimat pendek Ismul A'zham tersebut, semoga bermanfa'at untuk kita semua Aamiin..